Sabtu, 26 Maret 2011

GAJAH MADA


Judul Karya Resensi
Judul                     : Gajah Mada
Jenis                      : Fiksi
Penulis                  : Langit Kresna Hariadi
Penerbit               : Tiga Serangkai
Tebal                     : 582 halaman (tidak termasuk cover dan kata pengantar)

Novel fiksi sejarah yang mendobrak dunia sastra ini sangat memukau. Bagaimana tidak, dengan munculnya buku ini berbagai novel sejarah mulai bermunculan. Novel yang akan membuat anda tertipu dan bertanya-tanya apakan ini benar terjadi ataukah hanya karangan semata. Pelumuran studi dan literature yang membahas tentang buku ini menjadi ciri khas dan kekuatannya sekaligus.
Tokoh utama dalam novel ini adalah Gajah Mada dengan pasukan bayangkara yang hendak menyelamatkan raja dari pemberontakan Rakrian Dharmaputra Winehsuka yang dipimpin oleh Ra Kuti. Intrik politik serta adu kekuatan taktik dan strategi mewarnai perjalanan Gajah Mada dan pasukannya, mulai dari perang tanding, perang terbuka (Garuda Layang, Cakrayubha, Supit Urang atau Perang Brubuh) bahkan kekuatan telik sandi digambarkan secara lugas dalam buku ini sampai dengan istilah-istilah ketentaraan pada zaman Majapahit -pun digambarkan dengan jelas dan gamblang.
Hampir tanpa celah kesalahan dalam novel ini kecuali beberapa penggunaan istilah-istilah zaman dahulu yang kurang mengena maknanya apabila digunakan dalam hal-hal tertentu, juga sangat terlihat dibeberapa istilah penulis sepertinya ragu akan arti dari istilah tersebut. Akan tetapi semua hal itu tidaklah mempengaruhi esensi dan alur cerita yang ada. Anda wajib menjadikan buku ini sebagai bahan bacaan dan koleksi karena buku ini dapat membuat imajinasi anda lebih berkembang dan tentunya menikmati ketegangan yang ada dalam cerita tersebut, sebab anda tidak hanya membaca tapi anda akan dibawa menjadi lakon dan pelaku dalam cerita tersebut.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.google.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar